Qualcomm Resmi Merilis Dua Chipset Dengan Nama Snapdragon 630 dan Snapdragon 660

Congresoelearning.com – Kedua chipset baru milik Qualcomm yang akan menggantikan chip kelas menengah sebelumnya yang bernama Snapdragon 626 dan 653 yang telah diusung oleh banyak perangkat. Kini Qualcomm telah mengumumkan generasi terbaru chipset kelas menengah miliknya yang bernama Snapdragon 630 dan Snapdragon 660.

Chipset terbaru Snapdragon 630 dan 660 akan membawa kemampuan yang sebelumnya hanya dimiliki chip high-end, seperti encoding video 4K, atau dukungan layar beresolusi tinggi 2560 × 1440 piksel. Kecepatan koneksi 4G LTE juga akan berlipat ganda, berkat masuknya modem Qualcomm X12 dibandingkan modem X9 pada generasi sebelumnya.

Semua unit komputasi mendapatkan upgrade pada chip baru ini. Misalnya, unit pengolahan gambar (ISP) sekarang mendukung dual-kamera pada resolusi yang lebih tinggi dan Hexagon DSP (digital signal processing) menjadi lebih baik juga. Unit CPU dan GPU juga menjadi lebih cepat 20% hingga 30%, yang membuatnya terasa sekelas dengan chipset high-end sebelumnya.

Pada performa sendiri dengan kecepatan clock yang lebih tinggi dimungkinkan oleh proses manufaktur 14nm semikonduktor dimana generasi sebelumnya masih menggunakan 28nm. Ukuran transistor yang lebih kecil juga membawa tingkat efisiensi daya menjadi lebih tinggi. Qualcomm memprediksi bahwa smartphone dengan Snapdragon 660 dapat memiliki daya tahan baterai yang lebih lama hingga 2 jam jika dibandingkan dengan smartphone yang mengusung Snapdragon 653.

Semua unit komputasi mendapatkan upgrade pada chip baru ini. Misalnya, unit pengolahan gambar (ISP) sekarang mendukung dual-kamera pada resolusi yang lebih tinggi dan Hexagon DSP (digital signal processing) menjadi lebih baik juga. Unit CPU dan GPU juga menjadi lebih cepat 20% hingga 30% yang membuatnya setara dengan chipset high-end sebelumnya.

Secara keseluruhan meskipun ada perubahan nama relatif ringan namun Snapdragon 630 dan 660 diharapkan dapat menjadi pilihan bagi para produsen untuk membuat handset bertenaga namun dibanderol dengan harga yang bersahabat.

Dimana harga dari masing-masing brand berdeda maka diharapkan kedua chipset baru tersebut ditujukan untuk smartphone mid pada kisaran harga Rp4 jutaan. Karena para pecinta gadget ingin mendapatkan handset dengan performa tinggi dengan harga yang tinggi hanya untuk membeli smartphone flagship terbaru yang kebanyakan dibanderol lebih dari Rp8 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *