Tablet Khusus Untuk Penyandang Tunanetra

Congresoelearning.com – Dengan kemajuan teknologi saat ini, kini teknologi bukan hanya dapat dinikmati orang normal saja. Saat ini hadir Tablet inovatif khusus terbaru dengan fitur tonjolan yang dapat dikonfigurasi secara magnetis mungkin akan menjadi perangkat yang luar biasa bagi mereka yang memiliki kekurangan dalam hal visual atau penyandang tunanetra.

Tablet khusus tersebut sampai sekarang ini belum ada bocoran tentang namanya namun telah berkembang dan telah ditingkatkan kemampuannya dalam beberapa tahun terakhir sebagai bagian dari proyek Blindpad di Eropa, yang memiliki misi mulia dalam menciptakan perangkat tablet portabel khusus dan lebih terjangkau untuk mereka yang memiliki kekurangan dalam hal penglihatan. Proyek ini sendiri dikembangkan oleh para ilmuwan di É cole polytechnique fé dé rale sobre Lausanne.

Seperti halnya tablet pada umumnya namun tablet khusus ini dapat dioperasikan dengan cara sentuhan atau diraba. Namun yang membedakan hanyalah pada sisi visualisasinya saja karena pada tablet khusus ini tidak memiliki panel layar sentuh melainkan hanya dibekali sistem peraba yang terdiri dari tonjolan-tonjolan seperti halnya pengoperasian pada perangkat braile.

Berkat dukungan 192 tonjolan magnetik di permukaan 12 x 15cm, sistem cerdas di dalamnya dapat secara otomatis menaikkan dan menurunkan tonjolan-tonjolan tersebut untuk membentuk pola apapun yang mewakili tata letak ruangan atau data visual lainnya berdasarkan respon yang diinginkan penggunanya. Selain dapat memberi respon dengan getaran pada tonjolan-tonjolan yang disentuhnya, pengguna juga bisa menahan posisi tonjolan-tonjolan tersebut berkat dua plat baja di dalam tablet.

Sebagai pelengkap layar Braille, tablet khusus ini dapat digunakan oleh siapapun yang memiliki kekurangan dalam hal penglihatan. Dan bahkan untuk lebih menunjang pengoperasiannya, para peneliti yang ada kabarnya juga telah menyematkan tambahan fitur bantuan GPS audio untuk menavigasi atau menuntun pengguna yang sedang dalam perjalanan menggunakan sistem suara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *