Penemuan Teknologi Ultrasonik Yang Bisa Berbisik Hingga Jarak 30 Meter

Congresoelearning.com  – Penemuan teknologi canggih oleh para peneliti dari Univeristas Bristol di Inggris. Mereka berhasil memanfaatkan teknologi ultrasonik sebagai sarana komunikasi. Komunikasi yang memungkinkan penggunanya untuk bisa saling berbisik dari jarak jauh hingga mencapai jarak 100 kaki atau sekitar 30 meter.

Salah satu peneliti Asier Marzo seperti dikutip dari Digital Trends mengungkapkan kalau mereka berkeinginan untuk mengembangkan teknologi mirip telepati verbal. Untuk bisa melakukan hal ini, para peneliti pun membangun dua sistem terpisah. Bagian pertama berfungsi untuk mengenali pesan, sementara bagian kedua berguna untuk mengirimkan pesan tersebut ke orang lain.

Dengan cara menggunakan sistem eletromyography (EMG) yang berguna untuk menangkap sinyal listrik yang dihasilkan otot saat seseorang tengah menggerakkan mulutnya. Sinyal tersebutlah yang muncul saat seseorang mengucapkan sebuah kata-kata dan peneliti menggunakan sensor yang bisa menangkap sinyal elektrik subvokal.

Fenomena yang melibatkan modulasi ultrasound untuk menghasilkan suara yang bisa didengarkan telinga manusia. Hanya saja, ultrasound tersebut bisa dengan mudah diarahkan. Hasilnya cukup bagus para peneliti berhasil mengenali sekitar 10 kata dengan tingkat akurasi mencapai 80 persen. Selanjutnya, untuk pengiriman mereka memanfaatkan fenomena ‘bersuara lewat ultrasound’.

Para peneliti mengungkapkan kalau teknologi ini bisa berguna untuk berbagai macam. Terutama saat di dalam peperangan. Seorang pemimpin pun bisa memerintah anak buahnya dari jarak jauh tanpa harus berteriak. Dengan begitu, musuh pun tidak bisa mengetahui gerakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *