CEO Apple: iPhone Bukan Cuma Untuk Kalangan Berduit Saja

 

 

Congresoelearning.com – Harga Produk keluaran Apple ini menghadirkan stereotipe bahwan iPad, iPhone dan perangkat lainnya cuma ditunjukan untuk segmen tertentu saja. Anggapan tersebut merujuk kepada harga jual yang sering kali di atas rata-rata produk kompetitor.

Menanggapi hal itu, CEO Apple Tim Cook dengan tegas menampiknya. Pada sebuah wawancara, ia mengungkap jika masih terdapat produk Apple yang sebenarnya bisa dibbeli dan dilabeli dengan harga terjangkau.

Baginya, Apple seringkali menyiapkan perangkat yang bisa dipakai oleh semua kalangan. Cook juga menolak pernyataan yang mengatakan Apple margin yang teramat tinggi dari produknya.

“Bukan soal margin yang tinggi. Ada lebih banyak perusahaan yang mengambil margin lebih tinggi. Kami menghargai nilai dari produk yang kami kembangkan dan selalu berupaya untuk membuat produk terbaik,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mencontohkan, kini di pasaran masih terdapat iPad yang dapat dibeli dengan harga kurang dari 300 dolar AS atau sekitar 3,9 juta rupiah, begitu pula iPhone tergantung modelnya.

Ia juga mengungkapkan tak mungkin pihaknya ingn menghasilkan lebih dari miliaran produk yang aktif jika produknya cuma menyasar ke kalangan berduit saja.

“Kami jelas tidak akan memiliki lebih dari satu miliar produk aktif jika kami hanya membidik orang kaya, karena jumlah mereka di dunia ini tidak cukup banyak.”

Alih-alih membuat produk komoditas, Baginya, Apple lebih mengedepankan produk dengan kualitas terbaik. “Kita tidak meremehkan orang yang menjadikan produk mereka sebagai komoditas; Ini adalah model bisnis yang bagus. Tapi kita tidak megadopsi model bisnis seperti itu.”

Walau sering kali menampik anggapan produknya mahal, namun nyatanya Apple selalu menghargai perangkat barunya dengan harga yang tinggi. Tiga perangkat terbaru yang dirilis dengan harga tinggi, seperti iPhone 8 yang dihargai dengan banderol 999 dolar AS hingga iPhone X yang dipasarkan mulai dari 999 dolar AS atau sekitar 13 juta rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *