Akankah 4G Telkomsel Terbaru Akan Suport dengan Smartphone Pelanggan?

 

 

Congresoelearning.com – Spektrum ekstra dengan lebar 30 MHz di frekuensi 2.300 MHz yang dimenangkan oleh Telkomsel dalam lelang pekan lalu bakal digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan 4G LTE, terutama untuk di kota-kota besar yang padat pelanggan.

Pada konferensi pers yang dihelat Senin (23/10/2017) kemarin di Jakarta, dengan tambahan frekuensi itu, pihak Telkomsel bahkan menjanjikan akan melangsungkan jaringan LTE yang lebih cepat.

Koneksi internet itu adalah LTE Advanced Pro yang diklaim dapat mencapai kecepatan sampai 1 Gbps (1.000 Mbps) dan menjadikan streaming video yang bebas “lag” alias buffering.

Tapi, untuk dapat menikmati keuntungan ini, perangkat pelanggan harus sudah mendukung jaringan 4G LTE time divison duplexing (TDD) di frekuensi 2.300 MHz (band 40) yang akan dipakai oleh Telkomsel.

Dari total sebanyak 50 juta handset 4G yang terdaftar di jaringan Telkomsel, Director of Planning and Transformation Telkomsel Edward menyebut 85 persennya telah mendukung 4G LTE di frekuensi 2.300 MHz.

“Jadi, (85 persen pengguna handset 4G di jaringan Telkomsel) tidak perlu ganti handset,” ujarnya.

Telkomsel berencana untuk mulai menghelat 4G LTE 2.300 MHz di area Jabodetabek dengan melangsungkan 500 BTS baru hingga akhir 2017. Kota-kota besar lain, terutama yang berada di Pulau Jawa, seperti Bandung dan Surabaya, dijadwalkan akan menyusul belakangan.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan jika pihaknya harus berkoordinasi dengan Smartfren selaku sesama pemilik pita spektrum di frekuensi 2.300 MHz untuk dapat menghindari interferensi.

“Ada tiga blok di 2.300 MHz. Smartfren di tengah, paling kanan untuk operator BWA, Telkomsel di paling kiri,” kata Ririek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *