Semakin Hari Teknologi Semakin Mencandu

 

 

Congresoelearning.com – Teknologi seharusnya memang membantu manusia untuk menjalankan semua aktivitasnya di kehidupan sehari-hari. Saat ini, teknologi berkembang makin pesat.

Kemajuan teknologi memunculkan pola pasar yang tersegmentasi, mulai dari perangkat keras sampai lunak, semua mempunyai porsinya sendiri. Teknologi dengan demikian jadi ‘alat’ yang menyediakan solusi dengan upaya minim, pekerjaan konvensional manusia lama-kelamaan dipermudah.

Bagi Chris Stephenson, Head of Strategy and Planning PHD Asia Pacific, kemudahan yang ditawarkan teknologi, terlebih yang berbasis kecerdasan buatan, rupanya mampu memicu penggunanya kecanduan. Secara psikologis, Dirinya menjelaskan mengenai teknologi yang dapat memberikan dampak yang ‘menghubungkan’ dan memperkuat pemakainya.

“Mereka akan puas ketika pekerjaan dibantu dengan teknologi. Kepuasan ini ternyata membuat manusia bisa kecanduan. Dengan begitu, teknologi akan semakin sering digunakan. Bahkan, menurut riset kami 40 persen pengguna mengaku kecanduan dengan teknologi–ini dalam lingkup besar, seperti smartphone, internet, dan laptop. Pertanyaannya, apakah ini baik?” kata Chris di gelaran AdAsia 2017.

Jawabannya yakni tergantung pada masing-masing pemakainya. Semakin besar peran tek teknologi menggantikan pekerjaan berat dan makin intuitif dan simpel antarmukanya, tentu saja teknologi bakal mengambil porsi pemakai. Pola ini pun secara otomatis menjadikan pemakainya ingin memakai terus dan terus.

“Contoh simpelnya adalah ketika kita semua pergi ke kantor atau sekolah lalu ponsel tertinggal di rumah, itu bisa jadi perasaan paling buruk. Rasa-rasanya, ada yang hilang dari kita. Fenomena ini tidak bisa kita tolak. Ini adalah pertanda bergabungnya teknologi dengan manusia,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *