Qualcomm dan Samsung Kembangkan Snapdragon 855 Dengan Teknologi Fabrikasi 7nm

Congresoelearning.com – Belum lama ini ada rumor yang mengatakan Huawei bakal menghadirkan Kirin 980, chipset pertama mereka yang menggunakan teknologi fabrikasi 7nm. Keunggulan lainnya, chipset yang diproduksi lewat TSMC ini juga adalah fitur artificial intelligent atau yang mereka sebut Neural Precessing Unit (NPU).

Tak hanya Huawei yang bakal menghadirkan chipset dengan teknologi fabrikasi 7nm. Qualcomm pun diberitakan juga sedang menghadirkan Snapdragon 855 yang akan diproduksi menggunakan teknologi pabrikasi yang sama.

Qualcomm awalnya akan bekerjasama dengan TSMC untuk memproduksi Snapdragon 855. Namun berubah karena Qualcomm lebih memilih bekerjasama dengan Samsung.

Samsung juga memiliki basis manufaktur chipset, mereka telah sukses mengembangkan chipset dengan teknologi fabrikasi 7nm 6 bulan lebih cepat dari jadwal yang ditentukan.

Qualcomm dan Samsung yang kembangkan Snapdragon 855 dengan teknologi fabrikasi 7nm, dalam memproduksi Snapdragon 855 ini akan menggunakan Extreme Ultraviolet (EUV).

Melalui proses manufaktur seperti ini, diharapkan membawa peningkatan daya tahan baterai dan performa yang lebih baik dibandingkan chipset generasi sebelumnya.

Diperkirakan, pengerjaan awal akan dimulai pada akhir tahun ini. Selanjutnya, di tahun depan volume produksinya akan ditingkatkan. Namun belum ada informasi yang jelas, dan smartphone apa saja yang nantinya akan menggunakan Snapdragon 855.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *